Monday, 6 April 2015

Ibadah Haji

I.    HAJI

A.    Pengertian Ibadah Haji 
      Rukun Islam yang kelima adalah haji, yang bermakna sengaja atau berkehendak mengunjungi ka’bah di mekah dengan maksud menunaikan ibadah yang telah ditentukan.  Menunaikan ibadah haji adalah ibadah tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu (material, fisik, dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Dzulhijjah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.
Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf (berdiam diri) di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, dan berakhir setelah melempar jumrah (melempar batu simbolisasi setan) pada tanggal 10 Dzulhijjah. Masyarakat Indonesia lazim juga menyebut hari raya Idul Adha sebagai Hari Raya Haji karena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini.         Orang-orang Arab pada zaman jahiliah telah mengenal ibadah haji ini yang mereka warisi dari nenek moyang terdahulu dengan melakukan perubahan disana-sini. Akan tetapi, bentuk umum pelaksanaannya masih tetap ada, seperti thawaf, sa'i, wukuf, dan melontar jumrah. Hanya saja pelaksanaannya banyak yang tidak sesuai lagi dengan syariat yang sebenarnya. Untuk itu, Islam datang dan memperbaiki segi-segi yang salah dan tetap menjalankan apa-apa yang telah sesuai dengan petunjuk syara' (syariat), sebagaimana yang diatur dalam al- Qur'an dan sunnah rasul.
Latar belakang ibadah haji ini juga didasarkan pada ibadah serupa yang dilaksanakan oleh nabi-nabi dalam agama Islam, terutama nabi Ibrahim (nabinya agama Tauhid). Ritual thawaf didasarkan pada ibadah serupa yang dilaksanakan oleh umat-umat sebelum nabi Ibarahim. Ritual sa'i, yakni berlari antara bukit Shafa dan Marwah (daerah agak tinggi di sekitar Ka'bah yang sudah menjadi satu kesatuan Masjid Al Haram, Makkah), juga didasarkan untuk mengenang ritual istri kedua nabi Ibrahim ketika mencari susu untuk anaknya nabi Ismail. Sementara wukuf di Arafah adalah ritual untuk mengenang tempat bertemunya nabi Adam dan Siti Hawa di muka bumi, yaitu asal mula dari kelahiran seluruh umat manusia.
       Setiap jamaah bebas untuk memilih jenis ibadah haji yang ingin dilaksanakannya. Rasulullah SAW memberi kebebasan dalam hal itu, sebagaimana hadis berikut yang artinya:
“Aisyah RA berkata: Kami berangkat beribadah bersama Rasulullah SAW dalam tahun hajjatul wada. Diantara kami ada yang berihram, untuk haji dan umrah dan ada pula yang berihram untuk haji. Orang yang berihram untuk umrah ber-tahallul ketika telah berada di Baitullah. Sedang orang yang berihram untuk haji jika ia mengumpulkan haji dan umrah. Maka ia tidak melakukan tahallul sampai dengan selesai dari nahar. “
Berikut adalah jenis dan pengertian haji yang dimaksud:
1. Haji ifrad, berarti menyendiri. Pelaksanaan ibadah haji disebut ifrad bila seseorang bermaksud menyendirikan, baik menyendirikan haji maupun menyendirikan umrah. Dalam hal ini, yang didahulukan adalah ibadah haji. Artinya, ketika mengenakan pakaian ihram di miqat-nya, orang tersebut berniat melaksanakan ibadah haji dahulu. Apabila ibadah haji sudah selesai, maka orang tersebut mengenakan ihram kembali untuk melaksanakan umrah.
2.  Haji tamattu', mempunyai arti bersenang-senang atau bersantai-santai dengan melakukan umrah terlebih dahulu di bulan-bulah haji, lain bertahallul. Kemudian mengenakan pakaian ihram lagi untuk melaksanakan ibadah haji, ditahun yang sama. Tamattu' dapat juga berarti melaksanakan ibadah didalam bulan-bulan serta di dalam tahun yang sama, tanpa terlebih dahulu pulang ke negeri asal.
3.  Haji qiran, mengandung arti menggabungkan, menyatukan atau menyekaliguskan. Yang dimaksud disini adalah menyatukan atau menyekaliguskan berihram untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Haji qiran dilakukan dengan tetap berpakaian ihram sejak miqat makani dan melaksanakan semua rukun dan wajib haji sampai selesai, meskipun mungkin akan memakan waktu lama. Menurut Abu Hanifah, melaksanakan haji qiran, berarti melakukan dua thawaf dan dua sa'i.

B.    Syarat-Syarat Wajib Haji
1.    Islam
2.    Baligh
3.    Berakal
4.    Merdeka
5.    Sanggup / Mampu

C.    Rukun Haji
      Yang dimaksud rukun haji adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji yang jika tidak dikerjakan hajinya tidak sah. Adapun rukun haji adalah sebagai berikut :
1.  Berniat,  yaitu menyengaja berhaji
2. Ihram, yaitu memakai kain yang tidak berjahit, seperti selimut dan sebagainya, tidak boleh menutup kepala ( berkopiah ) bagi laki-laki, dan tidak boleh menutup muka serta tangannya bagi perempuan dan pula dibolehkan memakai sandal atau slop.
3.    Wukuf di Arafah,  
Berangkatlah menuju Arafah pada hari ke-9 (kesembilan) setelah matahari terbit, sambil melakukan talbiyah dan takbir, dan dirikanlah shalat Zhuhur dan Ashar secara qashar dan jam’u taqdim (mengumpulkan dua waktu shalat tersebut di waktu shalat yang lebih awal (dzhuhur)), dengan satu azan dan dua iqamat tanpa ada shalat sunnahnya. Dan pastikan bahwa anda benar-benar berada di dalam batas wilayah Arafah karena wukuf di Arafah merupakan rukun penting dalam pelaksanaan haji, barangsiapa meninggalkannya maka hajinya menjadi tidak sah.
4.    Tawaf di Baitullah
Tawaf bermaksud mengelilingi Baitullahil¬ Haram sebanyak tujuh putaran karena beribadah kepada Allah S.W.T. mengikut syarat-syarat yang tertentu. Amalan tersebut menyamai amalan malaikat yang mengelilingi Arasy Allah S.W.T. dan bertasbih memuji kebesaran¬Nya.
Tawaf terbahagi kepada empat jenis, iaitu:
a.  Tawaf Qudum; yaitu Tawaf Selamat Datang ke Makkah yang dilakukan oleh mereka yang   
     mengerjakan haji secara ifrad.
b.  Tawaf Ifadah, yaitu Tawaf Rukun yang wajib dilakukan dalam ibadat haji atau umrah.
c. Tawaf Widak, yaitu Tawaf Selamat Tinggal bagi jamaah haji yang hendak meninggalkan  
    Makkah           
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ النَّاسُ يَنْصَرِفُونَ فِي كُلِّ وَجْهٍ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَنْفِرَنَّ أَحَدٌ حَتَّى يَكُونَ آخِرُ عَهْدِهِ بِالْبَيْتِ
    Dari Ibnu Abbas ra ia berkata: Orang-orang (yang melaksanakan ibadah haji) bertebaran untuk kembali ke tempat masing-masing, lalu Rasulullah saw. bersabda: Tidak ada seorang pun yang meninggalkan Baitullah sebelum mengakhiri dengan bertawaf di Baitullah. (HR. Muslim)
d.  Tawaf Sunat, iaitu ketika jemaah haji menziarahi Masjidil-Haram.

5.    Sa’i
Berjalan atau berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali, dilakukan setelah Tawaf Ifadah.
6.    Tahallul
Mengunting sekurang-kurangnya 3 helai rambut
Waktu bercukur adalah ;
a.    Selepas melontar Jamrah Al-Aqabah pada 10 Zulhijah atau
b.    Selepas Tawaf dan Saie jika jemaah haji memilih terus ke Mekah
7.    Tertib
Rukun-rukun haji hendaklah dilakukan mengikut susunan tetapi bercukur boleh dikerjakan sebelum tawaf bagi orang yang melakukan tahalul awal.

D.   Wajib Haji
   Wajib haji ialah perkara-perkara yang wajib dilakukan semasa mengerjakan haji. Jika di¬tinggalkan salah satu daripadanya, haji seseorang itu sah tetapi diwajibkan membayar denda (dam).
Perkara wajib haji ialah:
1.    Niat ihram di Miqat
Wajib berniat mengerjakan haji atau umrah di Miqat. Miqat ialah waktu dan tempat pada saat memulai ibadat haji.
Miqat terbahagi kepada dua, iaitu:
a.    Miqat makani
1.    Bagi jemaah haji yang datang dari arah timur seperti penduduk Najd dan Kuwait ialah Qarnul Manazil. (94km dari Makkah)
2.    Jemaah haji yang melalui Lautan Hindi menuju ke Laut Merah seprti dari Yaman dan India ialah di Yalamlam; (54km dari Makkah)
3.    Bagi jemaah haji yang datang dari Madinah ialah Zulhulaifah Bi’ru Ali (450km dari Makkah)
4.    Bagi jemaah haji yang tinggal di Makkah ialah di rumah mereka sendiri
5.    Bagi jemaah haji yang datang dari barat laut seperti Syria, Mesir, Maghribi dan Sepanyol  ialah di Juhfah.(187km dari Makkah)
6.    Bagi jemaah haji yang datang dari Iraq ialah Zatu lrqin (94km dari Makkah).

b.    Miqat zamani.
Miqat zamani bagi ibadat haji ialah pada bulan Syawal hingga 10 Zulhijrah sementara Miqat zamani bagi umrah ialah sepanjang tahun.

2.    Bermalam di Muzdalifah
Bermalam di Mudzalifah selepas tengah malam 10 Zulhijah hingga subuh.

3.    Melontar Jamrah Al-Aqabah
Waktu melontar Jamrah Al-Aqabah bermula dan tengah malam 10 Zulhijah hingga maghrib hari yang sama.
4.    Bermalam di Mina
Hendaklah bermalam pada malam¬-malam 11, 12, dan 13 Zulhijah.
5.    Melontar ketiga-tiga jamrah
Waktu melontar ketiga-tiga jamrah pada hari 11, 12, dan 13 Zulhijah masing-masing dengan tujuh biji batu.
Syarat-syarat melontar:
a.    Hendaklah melontar 7 kali pada setiap jamrah
b.    Hendaklah tertib yaitu memulakan dengan  jamrah Al¬Ula, Al-Wusta dan kemudian jamrah Al-Aqabah.
c.     Niat semata-mata melontar, bukan untuk tujuan lain.
d.    Melontar dengan batu yang suci
e.    Batu yang dilontar masuk ke dalam tempat melontar dengan yakin
f.    Melontar dengan gaya melontar
g.    Melontar dengan tangan
h.    Dilarang melontar untuk orang lain melainkan telah melontar untuk diri sendiri 
6.    Meninggalkan Perkara-Perkara Yang Haram Semasa Ihram:
a.    Menutup kepala bagi lelaki dan menutup muka serta memakai sarung tangan bagi wanita.
b.    Memakai pakaian berjahit bagi lelaki.
c.    Memakai bau-bauan pada badan, pakaian dan makanan.
d.    Memakai minyak pada rambut dan janggut.
e.    Mencabut bulu atau rambut dari badan.
f.    Memotong kuku.
g.    Membunuh binatang buruan.
h.    Bercumbu-cumbuan yang menaikkan nafsu syahwat.
i.    Jimak (bersetubuh).
j.    Melakukan akad nikah, mewali pernikahan atau menikah (Nikah yang  dilakukan dalam ihram adalah tidak sah).

E.    Perkara-Perkara Sunat Haji
1.    Mandi sunat ketika hendak memakai ihram.
2.    Mandi ketika hendak masuk ke Makkah.
3.    Mandi ketika hendak wukuf di Arafah.
4.    Solat sunat dua rakaat ketika hendak memu ihram.
5.    Membanyakkan membaca al-Quran dan zikir
6.    Berdoa ketika bercukur.
7.    Mengucapkan talbiah sepanjang ihram hingga tahalul awal.
8.    Sembahyang dua rakaat selepas tawaf seeloknya di belakang makam Nabi Ibra a.s.
9.    Bermalam di Mina pada 9 Zulhijah.
10.    Tinggal di Arafah sehingga jatuh matahari 9 Zulhijah.

F.    Perkara Yang Membatalkan Haji
1.    Tertinggal salah satu daripada rukun haji.
2.    Melakukan persetubuhan atau akad nikah sebelum tahalul pertama.

II.    UMRAH

A.    Pengertian Umrah
    Umrah artinya mengunjungi Ka”bah atau meramaikan Masjidil Haram. Karena ibadah itu di lakukannya hampir bersamaan,  maka di sebut juga haji kecil. Seperti haji,  umrah hukumnya fardu’ain bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan apabila telah memenuhi syarat dan rukunya.
    Umrah termasuk ibadah yang paling mulia dan yang paling utama, dengan ibadah ini Allah akan mengangkat derajat hamba-hambaNya dan mengampuni dosa-dosanya. Nabi telah menganjurkan untuk berumrah, baik melalui perkataan maupun perbuatan, beliau bersabda: “Umrah ke umrah adalah penghapus dosa antara keduanya”(HR.Mutafaqun ‘alai)

B.    Rukun  Umrah
1.    Ihram                      
2.    Tawaf  dan Sa’i               
3.    Tahallul
4.    Tertib

C.    Syarat Wajib Umrah
1.    Ihram dari miqat ( ketentuan tempat dan waktu )
2.    Meninggalkan larangan- larangan
Perbedaan antara Haji dan Umrah  adalah jika umrah dapat di  kerjakan sepanjang tahun, sedangkan ibadah haji hanya boleh dilakukan dalam waktu yang telah di tentukan, yaitu mulai tanggal 08 sampai 13  Dzulhjjah.
Jika di perhatikan keterangan di atas,  maka ihram ada 2 macam, yaitu ihram untuk umrah dan haji. Ihram untuk umrah di mulai miqat  kemudian di teruskan dengan tawaf, sa’i, dan tahallul. Sedang ihram untuk haji dikerjakan ketika berangkat ke padang arafah pada tanggal 8 Djulhijjah.

III.    HIKMAH HAJI DAN UMRAH


1.    Setiap perbuatan dalam ibadah haji sebenarnya mengandung rahasia, contoh seperti ihram sebagai upacara pertama maksudnya adalah bahwa manusia harus melepaskan diri dari hawa nafsu dan hanya mengahadap diri kepada Allah  Yang Maha Agung.
2.    Memperteguh iman dan takwa kepada allah SWT karena dalam ibadah tersebut diliputi dengan penuh kekhusyukan
3.    Ibadah haji menambahkan jiwa tauhid yang tinggi
4.    Ibadah haji adalah sebagai tindak lanjut dalam pembentukan sikap mental dan akhlak yang mulia.
5.    Ibadah haji adalah merupakan pernyataan umat islam seluruh dunia menjadi umat yang satu karena mempunyai persamaan atau satu akidah.
6.    Ibadah haji merupakan muktamar akbar umat islam sedunia, yang peserta-pesertanya berdatangan dari seluruh penjuru dunia dan Ka’bahlah yang menjadi symbol kesatuan dan persatuan.
7.    Memperkuat fisik dan mental, kerena ibadah haji maupun umrah merupakan ibadah yang berat memerlukan persiapan fisik yang kuat, biaya besar dan memerlukan kesabaran serta ketabahan dalam menghadapi segala godaan dan rintangan.
8.    Menumbuhkan semangat berkorban, karena ibadah haji maupun umrah, banyak meminta pengorbanan baik harta, benda, jiwa besar dan pemurah, tenaga serta waktu untuk melakukannya.
9.    Dengan melaksanakan ibadah haji bisa dimanfaatkan untuk membina persatuan dan kesatuan umat Islam sedunia.
    


No comments:

Post a Comment