Saturday 2 May 2015

Sedekah Jembatan penuntas masalah....

Sedekah Jembatan penuntas masalah....
Seorang Pekerja yang pernah Saya temui menceritakan tentang pengalaman rohaninya mengenai kegemarannya berinfaq dan bershodaqoh. Suatu pengalaman yang meningkatkan keimanan baginya dan mengistiqomahkan keyakinannya terhadap kebenaran berinfaq dan bershodaqoh.
Dia menceritakan suatu ketika disaat dia mengalami masa-masa sulit dimana anak kandungnya sedang mengalami sakit keras dan dia tidak mempunyai biaya buat membeli obat untuk anaknya. Dia bingung sebagaimana dirasakan ibu lainnya ketika anak kesayangan diserang sakit yang mengkhawatirkan.
Ada uang tapi sangat tidak cukup buat membeli obat, akhirnya dia memutuskan untuk sholat dhuha di sebuah mushola di dekat rumahnya. Dan di antara kebingungannya dia berdoa kepada ALLAH Swt agar dia diberikan jalan keluar. Sedangkan uang yang sedikit itu dia masukkan ke dalam kotak Infaq mushola tersebut.
Sambil menangis setelah mengadu kepada ALLAH. Sang ibu-ibu yang hanya bertugas sebagai ibu rumah tangga itu pulang kerumahnya. Dan satu keajaiiban yang tidak bisa dimasukkan ke akal manusia di mana dia kedatangan tamu di rumahnya dan yang luar biasanya orang tersebut mengantarkan obat sesuai persis dengan apa yang diinginkannya. Subhanallah Sahabt ETOS sekalian. Cerita salah seorang pekerja tadi merupakan satu keajaiban yang ALLAH berikan kepada orang-orang yang meyakini akan kebenaran dari salah satu ajaran Islam yaitu Berinfaq dan Bershodaqoh.
Kehidupan ini memang tak pernah lepas dari segala macam masalah, baikyang ringan dan sepele, seperti kekurangan makan, bertengkardengan saudara, dan masalah ringan lainnya atau masalah berat seperti kelaparan di sebuah desa, bencana alam, krisis iman, sampaibunuh diri karena tak mampu menyelesaikan masalah.
Gelisah dan resah akibat dari masalah yang timbul datangnya dari hati, dan cenderung dari syaitan yang pintar menghasut jiwa manusia yang lemah. Orang yang mempunyai segudang masalah hidup tidak akan pernah merasaresah dan gelisah atau stress dengan masalah yang ada jika ia mampu memandang suatu masalah dengan bercermin dari orang lain di bawahnya. Ia akan belajar bahwa orang lainpun mempunyai masalah yang hampir sama dengannya. Bahkan ada yang lebih jauh rumitnya dengan apa yangia alami. Sehingga, dengan demikian dia akan dijauhkan dari hal-hal yang nengatif.
Kunci dari semua itu adalah BERBAGI. Berbagi disini akan lebih tepat kalau dihubungan dengan istilah berinfaq dan bersedekah karena berinfaq dan bersedekah mempunyai pengertian dan makna tersendiri dari kehidupan kita sehari-hari. Dengan banyak bersedekah Insya ALLAH akan Allah berikan banyak jalan keluar dari masalah yang kita hadapi.

No comments:

Post a Comment